Tajwid Surat Az Zariat Ayat 56

Masrozakdotcom membuatkan pembahasan tajwid, kali ini tajwid yang akan dibahas yakni tajwid Surat Az Zariat Ayat 56. Silahkan dapat dilihat kembali pembehasan sebelumnya yaitu tajwid surat Al Mu'minun Ayat 12-14 atau silahkan dapat menentukan pembahasan tajwid lainnya di sini.

Pada ayat yang dibahas kali ini, masrozakdotcom ibarat biasa akan menampilkan terlebih dahulu ayat dan terjemahannya, supaya kita semua dapat memahami terlebih dahulu isinya. Dengan demikian gampang - mudahan dapat menciptakan kita semua menjadi orang - orang yang lebih baik. aamiin.


QS Az Zariat Ayat 56



Ayat ini cukup pendek namun mengandung informasi yang sangat penting sekali bagi kita semuanya, yaitu menyangkut tujuan dari keberadaan kita semuanya selaku manusia, yaitu untuk beribadah kepada Alloh.
Dalam ayat ini Alloh berfirman "Aku tidak menciptakaan jin dan insan melainkan biar mereka beribadah kepada-Ku."

Ayat ini merupakan suatu informasi penegasan wacana untuk apa insan dan jin diciptakan. Dan terjawab pada ayat pendek tersebut dengan balasan untuk beribadah kepada Alloh.



Tajwid Surat Az Zariat Ayat 56


Setelah kita mengetahui terjemahannya saatnyalah masrozakdotcom membahas tajwidnya. Seperti yang sudah - sudah, perhatikan ayat berikut ini yang diberikan tanda garis berwarna - warni.


Pada ayat tersebut ada beberapa tanda, yaitu garis warna ungu, biru, kuning, merah muda, hijau dan coklat.
Kesemuaan garis itu menerangkan tajwid yang akan dibahas berikut ini.

1. Garis berwarna ungu menerangkan tajwid mad thobi'i artinya dibaca panjang sebanyak dua harokat.
2. Garis berwarna biru menerangkan tajwidnya yakni qolqolah sugro artinya dibaca memantul. Penjelasan wacana qolqolah dapat dibuka di sini Tentang qolqolah.
3. Garis berwarna kuning menerangkan tajwidnya adalah ali lam komariah artinya aksara lam dalam alif lam terdengar. ( Jika tidak terdengar disebutnya alif lam syamsiah lebih terang silahkan buka wacana Cara membaca Alif Lam Dalam Lam Ta'rif).
4. Garis berwarna merah muda tajwidnya yakni gunnah. Lebih terang wacana gunnah silahkan dapat di buka pada pembahasan miem dan nun sukun.
5. Garis berwarna coklat tajwidnya yakni mad arid lisukun.

Sekian pembahasan tajwid pada Surat Az Zariat Ayat 56, gampang - mudahan bermanfaat. aamiin.

Lebih gampang dapat saksikan vidio berikut ini


Pembahasan lainnya Tajwdi Surat Al Baqoroh Ayat 30

Jangan lupa follow masrozakdotcom ya. Terimakasih



Buat lebih berguna, kongsi:
close